Menu Click to open Menus
Home » Tips Kartu Kredit » Tips Cara Mudah Mengamankan Kartu Kredit Anda

Tips Cara Mudah Mengamankan Kartu Kredit Anda

(79 Views) July 3, 2017 9:08 am

Penting !
Pengen punya kartu kredit limit tinggi dengan mudah ..? baca : Cara Membuat dan Menaikkan Limit Kartu Kredit dengan Mudah

Cara mengamankan kartu kredit. Mungkin tidak asing lagi di telinga kita tentang kasus pembobolan kartu kredit, ini kadang membuat pemegang kartu kredit ngeri juga. Jika data kartu kredit kita sampai bobol maka kartu kedit kita bisa digunakan oleh orang lain untuk belanja online, sehingga kita akan menanggung sejumlah tagihan yang tidak pernah kita belanjakan.

Secara prinsip, untuk dapat berbelanja online dengan kartu kredit kita harus menyediakan data – data seperti : nomor kartu kedit, 4 angka bagian belakang kartu, tanggal expired kartu. Sehingga jika kita tidak dapat mengamankan kartu kredit dan data tersebut bocor maka orang lain dapat menggunakan fasilitas kartu kredit kita tanpa harus memeagang kartu kredit secara fisik. Untuk itulah penting sekali mengetahui bagaimana cara mengamankan kartu kredit kita dari segala tindakan kejahatan dan penipuan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa cara mengamankan kartu kredit anda agar terhindar dari tindak kejahatan dan penipuan :

  • Jika anda berbelanja online, pertimbangkan hanya menggunakan paypal saja daripada mengumbar data kartu kredit ke banyak pihak.
  • Pastikan anda menghubungi call center yang benar jika mengalami masalah dengan kartu kredit anda. Ada banyak jebakan diluar sana. Jika anda menemukan brosur, stiker, atau apapun yang berisi panduan mengatasi masalah dengan kartu kredit, maka sebaiknya konfirmasikan dulu dengan pihak bank penerbit kartu kredit tentang kebenarannya.
  • Jangan pernah sekalipun memberikan nomor kartu kredit kepada orang lain. Ini utamanya melalui telepon. Dari beberapa kasus penipuan kartu kredit akhir-akhir ini, kita bisa melihat kalau sang penipu menggunakan telepon untuk mempengaruhi korbannya.
  • Jangan membuang nota pembayaran untuk setiap transaksi yang anda lakukan dengan kartu kredit anda. Periksa apakah jumlah pembayaran pada nota sama dengan uang yang harus anda bayarkan ke bank. Jika anda yang meragukan, segera laporkan ke bank penerbit kartu kredit tadi.
  • Jangan pernah menuliskan PIN atau nomor kartu kredit di manapun. Jika anda perlu catatan tentang PIN, nomor kartu kredit, atau password apapun, lebih aman kalau anda menggunakan aplikasi khusus untuk itu yang untuk membukanya butuh otentifikasi lebih rumit.
  • Jika anda punya lebih dari satu kartu kredit, cukup bawa 1 saja yang menurut anda paling nyaman digunakan.
  • Catat nomor kartu kredit yang anda pakai berikut dengan tanggal kedaluarsanya. Anda bisa menggunakannya untuk melapor jika kartu kredit anda hilang atau dicuri.
  • Jangan meminjamkan kartu kredit ke orang lain, walaupun sama saudara sekalipun.
  • Jangan pernah menandatangani slip kosong berkenaan transaksi kartu kredit.
  • Jangan membayar tagihan online di komputer publik atau di jaringan wireless atau Wi-Fi publik kecuali anda dapat memastikan bahwa jaringan ini aman.
  • Hati – hati bertransaksi online. Tak sedikit konsumen yang terkaget-kaget karena tiba-tiba tagihan kartu kreditnya membengkak padahal ia tidak belanja, atau kartu kreditnya dipakai untuk membayar tagihan lain yang bukan miliknya. Kasus seperti ini terjadi karena adanya pencurian identitas. Pelaku membuat software berbahaya untuk mencuri informasi akun dan password pengguna internet saat sedang belanja online, melakukan transaksi perbankan atau merespon email palsu yang meminta konfirmasi nomor rekening.
  • Amankan kartu kredit dan semua bukti transaksi di tempat yang aman. Sehingga, ketika ada masalah seperti tagihan atas belanja yang tidak pernah anda lakukan, anda punya bukti yang kuat di depan bank.

 

Selain beberapa langkah cara mengamankan kartu kredit di atas, secara khusus di bawah ini adalah perlu juga, yaitu mengamankan komputer anda sebelum berbelanja online :

  • Lengkapi komputer Anda dengan antivirus dan program anti-spyware. Terlebih lagi jika Anda sering belanja online dan melakukan transaksi online banking. Selain agar terhindar dari keylogger (program mata-mata yang dapat merekam apa yang Anda ketikkan di komputer), juga untuk mencegah komputer Anda diubah menjadi komputer ‘zombie’ yang dikendalikan oleh hacker.
  • Waspadai email phishing yakni email yang dibuat seolah-olah berasal dari bank atau lembaga keuangan resmi, yang isinya meminta informasi akun atau mengarahkan Anda ke situs palsu yang mengharuskan Anda login. Saat mengisikan data login itulah data rahasia anda tercatat software pencuri data kartu kredit.
  • Usahakan mengetikkan URL situs belanja langsung pada address bar. Jangan percaya link yang Anda dapat dari email begitu saja (atau yang didapat dari forum) karena bisa jadi itu URL phishing.
  • Kenali ciri – ciri situs belanja online yang aman. Jika sebuah situs tidak diawali “https”, kemungkinan situs ini tidak aman digunakan untuk kartu kredit. Ciri lain yang menunjukkan level keamanan sebuah situs jika Anda ingin menggunakan kartu adalah terdapat tanda gembok atau VeriSign pada halaman situs bagian bawah. Keduanya menunjukkan bahwa situs tersebut telah menggunakan enkripsi untuk melindungi data-data Anda.

Artikel terkait :
Cara Membuat Kartu Kredit

No comment for Tips Cara Mudah Mengamankan Kartu Kredit Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!